Minggu, 11 September 2011

Mengenang 10 Tahun Serangan 11 September 2001


SERANGAN 11 SEPTEMBER 2001

Siapa yang tidak tahu peristiwa yang dinamakan Serangan 11 September 2001. Serangan yang termasuk dalam terorisme tersebut adalah serangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang membajak 4 buah pesawat dan menabrakannya ke 2 gedung World Trade Center (WTC) di New York City, gedung Departemen Pertahanan Amerika Serikat,Pentagon di Arlington, Virginia, dan menjatuhkan 1 buah pesawat lagi di daerah Pennsylvania.

Serangan yang memakan lebih dari 3000 korban tewas dan melukai lebih dari 6000 orang ini menggemparkan Amerika Serikat bahkan dunia kurang dari beberapa jam. Serangan yang menggunakan cara sadis yang tidak akan terpikirkan siapa pun ini dinilai sebagai tindakan terorisme terparah pada awal millenium dan serangan terhadap Amerika Serikat yang paling parah sejak 1817.

Serangan berawal saat sekelompok orang (yang mayoritas adalah keturunan/warga timur tengah) melakukan pembajakan pada 4 pesawat Amerika Serikat dan menabrakannya pada dua menara WTC (nomor penerbangan 11 dan 175), sisi barat Pentagon (nomor penerbangan 77), dan menjatuhkannya di Pennsylvania (nomor penerbangan 93) walau tujuan para pembajak pada awalnya adalah menabrakannya pada bangunan Capitol Hill, namun digagalkan oleh para penumpang yang melakukan perlawanan.

DIBALIK SERANGAN 11 SEPTEMBER 2001

Pasca-Serangan 11 September 2001, pemerintahan Amerika Serikat, berdasarkan informasi intelejen yang berasal dari FBI dan CIA, mengumumkan bahwa pembajak adalah 19 orang warga timur tengah, yang salah satu diantaranya adalah Mohammad Atta. Pada hari yang sama juga, biro kriptografi Amerika Serikat, NSA, dan biro intelejen negara Eropa, nordik, hingga Rusia mendapatkan hasil sadapan komunikasi yang sama, yang merujuk pada seorang tokoh bernama Osama bin Laden (Usamah bin Ladin).

Pemerintah Amerika Serikat yang kala itu dipimpin George H.W. Bush segera menyatakan bahwa serangan didalangi oleh organisasi teroris Al-Qaeda yang dipimpin oleh Osama bin Laden, dan segera mengobarkan "Perang Global Melawan Terorisme" dan melobi negara-negara sekutunya untuk melakukan hal yang sama. Bahkan hal ini yang menjadi dasar untuk melakukan invasi militer ke Afganistan dan memperpanjang waktu keberadaan pasukan sekutu di Irak.

Banyak teori lain (konspirasi) yang menyatakan bahwa dalang Serangan 11 September bukanlah Al-Qaeda. Banyak teori yang menyebutkan pihak-pihak diantaranya adalah koalisi negara arab, ekstremis Rusia dan Chechnya, biro intelejen Israel, hingga pemerintah Amerika Serikat sendiri. Hal ini dikarenakan muncul ketidaksetujuan publik atas teori yang dikemukakan pemerintah karena banyak kejanggalan pada bukti-bukti yang ada.

10 TAHUN SERANGAN 11 SEPTEMBER
Terlepas dari siapapun yang berada di balik Serangan 11 September 2001, kita tidak bisa memungkiri fakta bahwa peristiwa tersebut adalah tragedi di masa kemanusiaan yang harusnya telah maju dan modern. Terlepas dari segala hal yang berkaitan dengan kebangsaan, kita tidak bisa melupakan nyawa 3000 orang lebih yang hilang sia-sia pada hari itu begitu saja.

Diantara ketegangan serangan 11 September 2001, kita bisa menemukan potret kesedihan oleh para warga sipil yang saling bahu membahu dalam menyelamatkan diri.

Spoiler for potret 11 September 2001


Spoiler for potret 11 September 2001

Spoiler for potret 11 September 2001


Spoiler for potret 11 September 2001


Spoiler for potret 11 September 2001


KESIMPULAN

Serangan 11 September 2001 adalah tragedi kemanusiaan yang tidak pantas untuk terulang. Terlepas dari segala fakta politis yang ada, kita semua masih sama seorang manusia keturunan Adam. Selaku umat Tuhan, kita seharusnya membina perdamaian antar bangsa. Semoga tidak terjadi peristiwa sejenis dan semoga mereka yang gugur tidak sia-sia nyawanya dan diterima di sisi-Nya, amin.

PENUTUP

Saling menghargai adalah hal yang luar biasa. Dengan menghargai, kita bisa merasakan keindahan alam dari diri pribadi yang lain di diri kita sendiri. "

Voltaire, filsuf Prancis
 
 
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10463512

Tidak ada komentar:

Posting Komentar